Minggu, 06 Mei 2012

Novel


Cat Merah
Mata pelajaran seni rupa tersisa tinggal sepuluh menit lagi, dahi Dwina mengkerut, dan mulutnya berdesis meringis menahan perihnya perut yang kosong. Satu jam tiga puluh menit terlewati sudah, pada sepuluh menit terakhir, sang guru menuliskan beberapa kalimat di papan tulis. Tahu apa artinya, Dwina segera menyobek selembar kertas dari bukunya dan mengambil sebuah pulpen, lalu menyalin semua kata demi kata yang tertulis di papan.
Bel jam istirahat berlalu, tak seberapa jauh jarum jam berputar, kantin pun diserbu oleh murid kelas dua IPS, yang kelasnya memang bersebelahan dengan kantin itu. Dalam suasana yang bisa disebut kericuhan itu terdengar suara seorang siswi berteriak.
“ Dwina !”.
Meski teriakan itu tak digubris oleh banyaknya orang yang semuanya berseragam putih abu, meski keramaian tetaplah keramaian, tapi Dwina tetap bisa mendengarnya.
“ Oh, Hai !”. Balas Dwina.
“ Mau kemana ?, ajakin aku dong !? “.
“ Mau ke kantin, Laper nih “.
“ Traktir aku yah !?”. Pintanya pada Dwina.
Belum permintaannya terjawab, seseorang yang lain memanggil kedua gadis itu.
“ Reni !, Dwina !”. Panggilnya.
“ Eh, hai, Yosep !”. Sahut Dwina.
“ Kalian kemana ?”. tanya Yosep.
“ Kemana aja boleh !”. Jawab Reni disusul dengan tawa kedua gadis itu.
Yang bertanya hanya ikut tertawa dan langsung mengikuti langkah dua temannya. Sampai di tempat yang jadi tujuan, Dwina bergegas memesan satu porsi mie bakso.
“ Kamu laper atau kesurupan Dwin !?”. tanya Yosep.
“ Terserah aku aja deh, gak pernah liat orang kelaperan ya !? “. Balas Dwina.
“ Ih serem ya Ren , liat si Dwina kaya gitu !? “
“ Kamu kok gitu sih !”. Kata Reni.
Akhirnya pesanan yang dinanti – nanti Dwina datang juga, setelah mie bakso itu diletakan di atas meja, kedua tangan Dwina langsung menyergap sendok dan garpu. Tampak begitu sadis saat saus berwarna merah menyala disiramkannya ke atas mie bakso. Reni dan Yosep hanya menelan ludah melihat tingkah Dwina yang benar – benar kelaparan.
“ Gak usah liat si Dwina deh, ngeri “. Bisik Reni kepada Yosep.
Yosep mengangguk.
“ Oh ya, ngomong – ngomong kamu udah dikasih tugas sama guru seni rupa belom sep ?”. Tanya Reni.
“ Udah, yang tugas ngelukis itu kan !? “.
“ Iya, tapi gimana ngerjainnya nih, aku kan paling gak bisa sama yang namanya ngelukis”. Kata Reni.
“ Ya udah, nyuruh aja sama yang bisa, nanti bayar, gitu “.
“ Emang bisa ?, emang nanti gak dimarahin sama guru ?” Tanya Reni lagi.
“ Ya enggak lah, asal gak ketahuan !”
Tiba – tiba Dwina memotong.
“ Jadi, kalian mau nyuruh orang lain buat ngerjain tugas seni rupa ?”. Tanya Dwina, Keringat bercucuran membasahi dahi dan dagunya, tak diragukan karena saking pedasnya mie bakso yang sedang dimakannya.
Reni dan Yosep hanya saling pandang, kemudian mengangguk.
“ Aku ikutan juga dong !”. Dwina menyusul sambil mendesis kepedasan.
“ Iya iya !”. Balas Reni.
“ Tapi, kita nyuruhnya sama siapa ?” Tanya Dwina lagi, kemudian mengibas – ngibas tangan kanan dan kirinya ke arah wajahnya yang merah.
“ Ada deh, Aku baru kenal sama pelukis di tempat aku ngekost”. Tambah Yosep memberi jalan keluar.
“ Sip !” Reni menyetujui.
Seluruh mata pelajaran telah habis untuk sehari, berduyun - duyun murid sekolah menengah atas itu meninggalkan tempat mereka belajar. Jarum jam yang paling pendek telah menunjuk ke arah angka dua, ketika Yosep melihat jam tangan yang terikat di tangan kirinya. Lalu menengok ke kiri dan ke kanan, hanya barisan motor dan mobil yang terlihat di area parkir sekolah itu.
“ Sep !”. Dari belakang Dwina memanggilnya.
“ Hai !, gimana ? jadi ? “. Tanya Yosep.
“ Jadi dong, kita langsung aja sekarang ke temen kamu yang bisa ngelukis itu “. Kata Reni.
“ Yo’i, kebetulan orangnya lagi ada di kostan !”. Sahut Yosep.
“ Emangnya dia gak sekolah, atau kerja kali !?”. Dwina bertanya penasaran.
“ Yee, emang dia kerjanya ngelukis, kamu nih gimana sih !”
“ Cewek atau cowok ?” Tambahnya.
“ Cewek, kira – kira umurnya udah tiga puluhan”.
“ Tapi, lantas, ngapain cewek udah umur tiga puluhan ngekost segala, sekolah udah gak mungkin, kuliah juga enggak, kerja cuma ngelukis. Menurut kamu dia ngapain Sep ?” Tanya Dwina masih penasaran.
“ Kamu tuh ngapain mikirin nasib orang, yang penting sekarang temen aku bisa bantuin kita, supaya tugas ngelukis kita bisa beres”.
“ Ya deh, gak usah sewot kali”. Dwina membalas.
Akhirnya mereka bertiga sampai di tempat kost Yosep. Tidak seperti biasanya ,Yosep tidak masuk ke kamarnya terlebih dahulu, tetapi dia langsung menghampiri kamar sang pelukis yang dimaksud. Dwina dan Reni mengikuti dari belakang. Pintu kamar pelukis itu diketuk oleh Yosep, dan tak lebih dari satu menit, terdengar suara kunci pintu dibuka dari dalam. Pintu kamar itu terbuka, dari belakang pintu tampak sebelah wajah seorang perempuan, sebelah wajahnya yang lain tersembunyi dibalik pintu kamar yang tak terbuka sepenuhnya.
“ Sama siapa sep ?”. Tanya perempuan yang masih menyembunyikan sebagian wajahnya di belakang pintu.
“ Temen sekolah, Kak !”. Jawab Yosep sambil tersenyum.
“ Oh, Mari masuk”. Tiba – tiba perempuan itu mempersilahkan mereka masuk.
Tanpa perintah kedua, Reni dan Dwina mengikuti yosep masuk ke dalam kamar.
Masuk ke ruangan seorang seniman, mereka bertiga di suguhkan oleh berbagai pemandangan berupa lukisan. Dwina dan Reni tak henti – hentinya mengelilingkan mata mereka memandangi semua lukisan yang terpajang di setiap sudut dinding kamar. Hampir semua lukisan yang melekat di dinding bersifat abstrak, namun hanya sebuah lukisan saja yang tidak bersifat abstrak, lukisan seorang anak kecil yang tengah memegang kain merah.
“ Tumben, pulang sekolah langsung mampir ke kamar kakak ?”. Nada ramah keluar dari bibir sang pemilik kamar.
“ Sebetulnya ada perlu sih kak, oh ya, sebelumnya aku kenalin dulu temen – temen aku kak, nih yang mukanya kaya orang jepang namanya Dwina “. Ulas Yosep memperkenalkan Dwina.
“ Oh ya, salam kenal ya Dwina, nama saya Kartini, panggil aja Kak Tini “. Dengan seuntai senyum yang hangat.
“ Satu lagi, ini yang tinggi namanya Reni”. Sambung Yosep.
“ Iya, Salam kenal juga “. Kartini menjawab dengan sikap yang sama.
“ Maaf di sini gak ada kursi, maklum kakak jarang ada tamu, kalo bukan Yosep sama yang pesen lukisan”. Kartini meneruskan.
“ Gak apa – apa kok kak, kita cuma bentar kok”. Kata Dwina.
“ Oh ya kak, maksud kita ke sini, kita pengen minta tolong sama kakak”. Yosep mulai mengutarakan maksud kedatangannya pada Kartini.
“ Iya, terus !?”.
“ Kita kan dikasih tugas sama guru di sekolah, nah, tugasnya itu ngelukis kak”
“ Jadi, kakak disuruh ngebikinin tugas buat kalian ?”
“ Iya kak,bisa enggak kak?”
“ Ya deh, gak masalah”
Lukisan – lukisan yang terpampang di setiap sudut ruangan membuat mata Dwina tak merasa puas untuk dipandang hanya sekali saja. Mata Dwina tak berhenti menjelajahi setiap karya Kartini itu. Hingga tatapannya terhenti di sebuah lukisan yang berbeda, yaitu lukisan seorang anak kecil dengan ekspresi wajah yang datar, kedua tangan nya memegang kain merah yang terurai kebawah. Mata anak dalam lukisan itu seperti menatap balik, membuat Dwina semakin penasaran, dia menatap lebih teliti. Namun yang terjadi kemudian mata anak kecil dalam lukisan itu melukiskan secercah cahaya merah.
Mata Dwina seperti semakin terhisap saat menatap kedua pasang mata anak kecil dalam lukisan itu, mata anak kecil itu bagaikan hidup. Semakin lama, semakin dalam, Dwina bagai sendirian dalam ruangan penuh lukisan itu, hanya ada dia dan lukisan itu, hanya ada suara mendengung, tak ada lagi suara Yosep yang berbincang dengan Kartini, suara keramaian dari luar kamar tak terdengar lagi. Dwina seakan tak ada di tempat asalnya, dwina ada di sebuah tempat yang lain. Setelah tenggelam dalam tatapan lukisan itu, suara lembut seorang perempuan memecahkan keheningan dalam benaknya.
“ Dwina “ . Suaranya datar, tidak terdengar ramah, juga tidak terdengar kasar.
Dwina ingin menoleh, tapi matanya seperti terpaku hanya menatap lukisan anak kecil itu. Raut muka Dwina berubah, yang sebelumnya kebingungan kini menjadi ketakutan.
“ Kenapa aku ?”.Hati Dwina bertanya – tanya.
“ Dwina “. Suara itu memanggilnya lagi, tapi tak selembut sebelumnya.
“ Dwina “. Suara itu terulang, dan bertambah berat.
“ Dwina “. Suara berikutnya berubah menjadi suara yang mengerikan.
Sebuah jeritan ingin di keluarkan dari mulutnya yang terkunci, Namun kini mulut Dwina semakin rapat tak bisa terbuka, tatapan matanya semakin dekat dengan lukisan itu, hanya tersisa beberapa jaraknya.
Dwina tak menyerah, raga tak bisa digerakan, dia mencoba menutup matanya. Hanya kegelapan yang dia lihat saat menutup matanya. Kemudian Dwina membuka kembali matanya, hingga Dwina mampu menggerakan tubuhnya lagi. Dwina segera bangkit, dia berpaling ke kanan dan ke kiri. Dalam tatapan matanya, suasana ruang kamar telah berubah, lukisan yang begitu banyak sesaat yang lalu, kini lenyap entah kemana, hanya tersisa lukisan anak kecil yang sedang menggenggam kain merah itu. Namun Dwina enggan menatap lukisan itu lagi. Dia bergegas ke arah pintu, gadis itu melompat ke arah pintu, langsung mencengkram handle pintu, memutarnya, dan berhasil membukanya. Dwina berhasil keluar, matanya terpejam menahan kegugupan dan ketakutan. Namun belum habis rasa herannya, Dwina hanya bisa terkejut, tercengang, tak dapat menerima kenyataan, takut. Keluar dari ruang kamar, di tempat dia berdiri sekarang, dia melihat dirinya tengah berada di ruangan yang sama persis, sangat sama seperti sebelumnya. Dwina melihat benda – benda yang sama seperti di ruangan sebelumnya, lukisan anak kecil itu masih tetap di tempatnya. Ketakutan yang bertambah, menguras akal sehatnya. Dwina berlari ke arah pintu lagi, membukanya dan keluar. Tapi kembali masuk ke ruangan yang sama. Kakinya melemas, seluruh badannya tak bertenaga, dwina terjatuh berlutut, duduk terkulai di atas lantai yang masih sama seperti sebelumnya, air matanya mengalir, rasa putus asa mulai menyelimuti.
Gadis itu terduduk lemah, air matanya semakin deras. Tiba – tiba suara pintu terbuka, namun kini bukan Dwina yang membuka pintu, melainkan seorang gadis yang tampak lebih muda dari Dwina.
“ Tolong aku, tolong !”. Dwina berteriak pada gadis yang dilihatnya.
Namun seolah tak mendengar teriakan itu, gadis yang sesaat lalu masuk hanya duduk diam di atas sebuah karpet, lalu duduk terdiam mengkaku seperti patung. Dwina sadar, itu bukanlah kejadian yang wajar, dia kembali berlari menghampiri pintu, membukanya, lalu keluar. Tetapi masih seperti kejadian yang sama persis, Dwina tiba di ruangan yang sama. Belum sampai satu menit, tiba – tiba dua orang anak masuk ke ruangan itu. Seorang adalah gadis yang berada di ruangan sebelumnya, seorang lagi adalah anak laki – laki. Dwina terkejut, ketika melihat anak laki – laki itu, anak laki – laki itu adalah anak yang berada dalam lukisan. Beberapa saat kemudian, kedua anak itu kembali kaku tak bergerak lagi.
Dwina masuk ke ruangan selanjutnya, masih sama. Namun pasti ada peristiwa yang berbeda. Di ruangan selanjutnya kedua anak itu tengah tertidur dalam satu kasur yang dihampar di atas lantai tanpa ranjang. Tampaknya kedua anak itu sedang mengobrol, Dwina dengan seksama mendengarkan pembicaraan kedua anak itu.
“ Kakak”. Anak laki – laki itu memanggil gadis yang tidur bersamanya.
“ Iya, apa ?,kok kamu belum tidur,kan udah malem”. Sang gadis menjawab.
“ Ayah kapan pulangnya?”. Tanya anak laki – laki itu.
“ Kakak gak tahu, kamu tidur aja, besok bantu kakak bawa kanvas sama cat ke kota, kita cari pelanggan di kota”.
“ Iya kak”.
Percakapan itu tak berlanjut, seperti yang terjadi sebelumnya, Setiap peristiwa pasti berakhir mematung. Ruangan itu seperti sedang bercerita tentang peristiwa yang pernah terjadi di dalamnya kepada Dwina. Dwina segera menghampiri pintu, masuk ke ruangan selanjutnya, dan masih sama. Kali ini dwina melihat kakak beradik penghuni kamar itu tengah tertawa bersama, tampaknya mereka sedang bahagia. Ternyata sang Gadis tengah menghitung uang dalam jumlah yang banyak, dan sang adik tengah bernyanyi riang gembira. Kemudian kakaknya mengucapkan sesuatu.
“ Kayanya kita bisa pulang ke kampung !“. Seru sang gadis.
“ Iya kak, aku pengen ketemu nenek !”.
Tetapi selanjutnya, kedua anak itu menjadi terdiam dan kaku.
Dwina tahu kejadian itu harus di teruskan di ruangan selanjutnya, maka dia segera membuka ruangan yang selanjutnya.
Masuk di ruangan selanjutnya, ruangan itu kembali bercerita. Seorang laki – laki masuk mendobrak pintu, kakak beradik yang berada dalam ruangan itu terkejut melihat seseorang masuk dengan paksa.
“ Ayah!”. Si adik berteriak kepada laki – laki tua yang berdiri tegak di depan pintu.
“ Kalian punya uang tidak !”. Bentak laki – laki itu.
“ Punya Ayah!”. Kata si adik.
“ Tidak ayah, kami sudah mengirimnya untuk nenek!”. Susul Gadis muda, si kakak.
“ Kurang ajar!”. Tiba – tiba laki - laki yang dipanggil kedua bersaudara itu malah menampar si kakak.
“ Ayah!”. Sang adik berteriak.
Namun peristiwanya kembali terhenti.
Dwina telah faham apa yang harus dia lakukan setiap peristiwa terhenti, di ruangan selanjutnya, Gadis muda dan adiknya sedang sangat bersedih.
“ Maafin Alif ya kak ?”.
Sang Gadis hanya menangis tersedu – sedu.
Beberapa saat kemudian pintu kamar diketuk dengan keras dari luar, di susul sebuah teriakan.
“ Kartini !, buka pintu!, mana uang untuk membayar sewa kamar!, kamu kan udah janji !”.
Dwina akhirnya tahu siapa gadis muda itu sebenarnya, dia adalah kartini, sang pelukis yang teman Yosep, yang dimintai bantuan untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.
Selanjutnya Kartini membuka pintu kamarnya. Seorang perempuan yang jauh lebih tua dari Kartini masuj ke kamar itu.
“ Mana uang sewa !?” bentak perempuan tua itu pada Kartini.
“ Gak ada Bu, maaf, kemarin ayah kemari ngambil uangnya”. Kartini menjelaskan dengan gemetar.
Tiba – tiba, perempuan tua itu mengangkat tangannya. Tahu apa yang akan terjadi Alif, adik Kartini berlari ke ke hadapan kartini. Tangan perempuan tua yang hendak memukul Kartini malah menyambar kepala Alif.
“ Alif !”. Teriak Kartini.
 Pukulan itu membuat Alif jatuh tersungkur, kepalanya terbentur sudut lemari yang lancip, seketika itu Alif tak terbangun lagi, dari bawah kepala Alif yang tergeletak di atas lantai, mengucurlah cairan berwarna merah tua. Tapi peristiwa itu tiba – tiba terhenti .
Wajah Dwina masih tampak tegang, matanya terbelalak, jantungnya berdegup kencang, dan dari seluruh permukaan kulit wajahnya mengeluarkan keringat dingin yang sangat deras. Sadar peristiwa itu telah terhenti, maka untuk mengetahui apa yang terjadi selanjjutnya, dia harus membuka ruangan selanjutnya.
Seragam sekolah yang dipakainya telah basah oleh keringat, namun ketegangan itu tak lagi dia rasakan. Rasa penasaran lebih menguasai fikirannya. Dwina membuka ruangan selanjutnya. Tapi di ruangan yang kini di masukinya berbeda dari sebelumnya, Sebuah cahaya merah berpijar dari jendela dan dari sebuah lilin, hingga semua sudut ruangan berwarna merah. Lalu Dwina melihat Kartini tengah duduk bersimpuh menghadap sebuah kanvas, di samping kanvas itu terduduklah tubuh kaku seorang anak kecil yang tak lain adalah adiknya sendiri. Dari keheningan terdengarlah isak tangis Kartini yang ternyata tengah melukis tubuh kaku adiknya. Pada Kanvas itu telah terlukis utuh tubuh Alif, namun ada bagian kanvas yang masih belum dilapisi warna, Dwina terus memperhatikan apa yang dilakukan Kartini.
Sebuah mangkuk kaca berisi cairan berwarna merah di raih tangan Kartini. Saat memegang mangkuk itu, tangis kartini semakin menjadi, rintihannya semakin memilukan hati Dwina, hingga Dwina pun ikut berurai air mata. Dwina kemudian mendekati sosok Kartini yang tengah menangis.
“ Kak!, Kak Tini!”. Serunya pelan.
Tapi Kartini tak menjawab, dia terus melakukan niatnya, menyelesaikan karyanya.
Saat mata Dwina tertuju pada mangkuk itu, warna cairan merah dalam mangkuk yang di pegang oleh Kartini mengingatkan Dwina akan warna darah yang keluar saat Alif mengalami kecelakaan. Saat itu juga dia sadar bahwa yang berisi dalam mangkuk itu adalah darah dari adik kartika sendiri. Dwina pun bertanya – tanya apa yang akan di lakukan Kartini.
“ Kak !, apa yang akan kamu lakukan !?”. Seruan sia – sia itu di lontarkan.
Kartini mengmbil sebuah kuas, dengan tangan yang gemetar, Kartini mencelupkan kuas itu ke dalam mangkuk yang berisi darah. Dwina tahu, Kartini hendak melapisi bagian kanvas yang belum di cat dengan darah Alif. Kartini pun meneruskan niatnya, bagian kanvas yang belum terlapisi cat itu benar – benar di beri pewarna oleh warna merah darah. Ulasan demi ulasan terus di lekatkan pada lukisan Adiknya, hingga akhirnya selesai.


Waktu telah berlalu beberapa jam, jendela kamar Kartini telah tertutup gorden, rupanya langit diluar sana telah gelap gulita dihiasi untaian bintang. Mata Dwina terbuka perlahan, yang pertama dia lihat adalah sebuah langit- langit ruangan, kemudian cahaya lampu yang temaram, di luar sana terdengar suara keramaian kendaraan bermotor yang saling berseliweran. Terdengar suara lembut mengalun samar – samar di telinga Dwina.
“ Dwina, kamu udah bangun ?”
Dengan cepat, Dwina mengangkat tubuhnya, dalam keremangan dia melihat wajah Kartini dengan senyuman yang hangat. Logika Dwina bereaksi cepat, bagi Dwina senyuman Kartini itu sangat mengerikan. Dwina segera bangkit, lalu meraih pintu dan bergegas keluar. Ternyata ada Yosep dan Reni menunggu di belakang pintu kamar Kartini.
“ Dwin !?”. Sapa Reni.
Namun tanpa mengindahkan, Dwina hanya berjalan dengan terburu – buru, tanpa pamit meninggalkan Reni dan Yosep.






Kamis, 03 Mei 2012

Katakanlah itu "Cinta"


Katakanlah itu “ Cinta “
Para remaja masa kini menjadikan “cinta” sebagai hal yang paling identik dengan keseharian mereka. Memang tak perlu ditanyakan lagi, mereka sudah memiliki alasan untuk menyertakan “cinta” dalam kehidupan, yaitu karena mereka telah memasuki masa pubertas, mengikuti gaya hidup yang sedang menjadi trend, dan menurut mereka “cinta” itu membuat perasaan hati mereka bahagia.
Layaknya sudah sangat mengerti akan arti cinta, dalam kesehariannya para remaja sudah mampu saling menyampaikan kata “cinta” itu pada orang yang spesial bagi mereka, sehingga mereka sudah memiliki teman spesial yang terkait karena “cinta” tersebut, atau bisa lebih dikenal dengan istilah “pacar” dan “pacaran”. Para orang tua remaja menyebutnya dengan istilah “cinta monyet” meski sebagian remaja menolak jika hubungan mereka disebut dengan istilah “cinta monyet” tersebut, karena para remaja sendiri menganggap bahwa jalinan hubungan “pacaran” itu dijalani dengan serius. Pacaran yang serius itulah yang membuat para remaja semakin terbawa arus sensasi masa – masa pubertas, sehingga terus berkembang lalu kemudian munculah berbagai konflik – konflik dalam interaksi sosialnya, seperti perjanjian, kesetiaan, perhatian, romantisasi, kecurangan, kebohongan, perselingkuhan, pertengkaran, dan lain sebagainya. Selanjutnya tersusunlah sebuah siklus disetiap hubungan “pacaran” tersebut, dari mulai awal perjanjian terjadinya sebuah hubungan, masa – masa romantisasi, terjadinya gejala konflik, terjadinya pertengkaran akibat tidak ditemukannya solusi untuk memperbaiki hubungan, sampai pada akhirnya hubungan tersebut berakhir dengan sebuah komitmen. Jika saja masalah yang mereka alami dapat diselesaikan secara harmonis dan hubungan mereka masih dapat dilanjutkan, maka mereka akan merasa senang karena konflik yang mereka alami dapat diselesaikan. Namun sebagian para remaja yang tidak dapat menemukan solusi untuk memperbaiki hubungannya akan mengalami depresi atau kesedihan, meski keputusan pengakhirannya dibuat oleh mereka sendiri.
Konflik dalam hubungan “pacaran” tersebut sebenarnya muncul akibat dari sifat dan sikap salah seorang pasangan ataupun bisa juga dari kedua – duanya, sifat yang masih didominasi keegoisan, sikap yang belum dewasa, dan perkembangan emosi remaja yang masih labil. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya cinta adalah nafsu yang diiringi oleh rasa sayang, nafsu yang dikontrol oleh rasa sayang terhadap lawan jenis sesuai dengan perkembangan emosi setiap orang masing - masing. Jika seseorang berkata bahwa dirinya mencintai dengan tulus, maka perkataanya kemungkinan besar tidak dapat dibuktikan karena penyampaian cintanya tidak memiliki alasan yang logis. Seseorang yang mencintai orang lain memiliki harapan tersembunyi dalam ungkapan rasa cintanya, karena seorang manusia memiliki kebutuhan seksual setidaknya penyampaian rasa cintanya mengharapkan balasan penyampaian perasaan yang sama dari lawan jenisnya. Harapan yang lebih lanjut umumnya mencakup perhatian dari pasangannya, kemudian dari perhatian tersebut diharapkan dapat memberikan kebaikan lebih lagi dengan berbagai bentuk, selebihnya cinta selalu mengharapkan balasan yang terbaik. Intinya perasaan cinta seorang manusia selalu membutuhkan timbal balik antara lawan jenisnya, sehingga kebutuhan masa puber mereka dapat terpenuhi dengan dibatasi oleh norma dan etika.
Sudah seharusnya para remaja yang melakoni kisah cinta dapat memahami arti cinta yang sebenarnya, agar lebih waspada terhadap konflik – konflik dan dampak negatifnya. Ada saatnya cinta menjadi faktor kebahagiaan bagi para remaja, sehingga mampu mendorong semangat untuk hidup lebih baik. Namun ada juga saat cinta menjadi sumber kesedihan. Kesedihan akibat cinta itu yang dapat menguras seluruh perhatian, akibatnya kewajiban para remaja kepada Tuhan, kepada keluarga, dan dalam menjalani pendidikan semakin terabaikan, sehingga dalam segi yang lebih penting para remaja masa kini menjadi tidak berkualitas. Padahal cinta yang sebenarnya di masa depan adalah pernikahan yang sudah tentu membutuhkan hal yang lebih penting lagi selain perasaan, seperti harta dan sumber mata pencaharian. Jadikanlah cinta adalah point kesekian dalam kehidupan setelah agama, keluarga, dan pendidikan yang memang harus menjadi yang lebih utama.

Rabu, 02 Mei 2012

Sejarah untuk masa depan


Sejarah untuk masa depan
23 April 2012
Nama :
Ryan Ardiansyah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Mata Kuliah :
Bahasa Indonesia

Seperti yang telah di ketahui oleh masyarakat luas, ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang masa lampau dimana zaman telah mengenal tulisan, hanya mengisahkan peristiwa yang berkaitan dengan manusia, peristiwa yang benar – benar terjadi, dan tentunya peristiwa yang bersifat logis atau dapat di yakini kebenarannya (peristiwa yang dapat di jelaskan proses terjadinya).
Baik dari masyarakat kalangan terpelajar sampai kalangan biasa pun tahu bahwa sebuah sejarah sudah pasti berkaitan tentang kisah pada zaman dahulu. Tetapi jika diteliti lebih dalam, masyarakat yang mengetahui ilmu sejarah secara spesifik hanya beberapa kalangan saja, seperti dosen, guru,dan mahasiswa. Mahasiswa sendiri pun yang mengetahui ilmu sejarah sebenarnya hanya mahasiswa yang berpengetahuan luas atau memang mempelajarinya secara khusus dan linear. Sedangkan masyarakat di kalangan biasa atau yang tidak mempelajari ilmu sejarah secara detail, sebatas mengetahui bahwa ilmu sejarah itu hanya sebagai media untuk menceritakan masa lalu yang sebagian tidak dilengkapi unsur – unsur sebuah peristiwa yang dapat disebut peristiwa sejarah. Masyarakat tersebut mengkategorikan kisah - kisah seperti dongeng, legenda, dan cerita rakyat yang tidak mengandung unsur – unsur peristiwa sejarah sebagai sebuah sejarah.
Contohnya, menurut beberapa tokoh masyarakat, kisah tentang mitos prabu sanghyang borosngora yang masuk islam di Tanah Suci Makkah, dan sempat berguru pada salah satu Amirul Mukminin yaitu Ali Ibn’ Abu Thalib r.a itu, dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah. Memang pernyataan tersebut sekilas terkesan seperti peristiwa nyata, serta didukung dengan berbagai bukti kongkrit berupa benda – benda kuno seperti pedang,cis atau trisula sebagai perlengkapan berdakwah,pakaian yang biasa di pakai oleh orang arab,dan benda – benda lainnya yang diyakini adalah pemberian dari Ali Ibn’ Abu Thalib r.a kepada Prabu Sanghyang Borosngora. Akan tetapi jika diteliti dari segi waktu, peristiwa tersebut tidak memenuhi syarat untuk dikategorikan menjadi sebuah peristiwa sejarah, Karena jeda waktu antara kedua tokoh besar ini sangat panjang. Mengingat bahwa Ali Ibn’ Abu Thalib r.a hidup pada abad ke 6,sedangkan Prabu Sanghyang Borosngora hidup sekitar abad ke 15. Tentu saja kisah pertemuan antara Prabu Sanghyang Borosngor dengan Ali Ibn’ Abi Thalib r.a ini tidak masuk akal. Itu adalah salah satu contoh kisah yang dikategorikan masyarakat sebagai sejarah meskipun informasi mengenai kisah tersebut hanya di dapat dari kata “ Konon “, sedangkan bukti yang benar – benar dapat di pastikan kebenarannya tidak dapat di temukan. Tentu saja hal ini meleset jika harus dikatakan sebagai sejarah dengan berbagai ketentuannya.
Jika pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai ilmu sejarah melenceng dari jalurnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan besar manfaat dari pengetahuan tentang peristiwa masa lampau tidak dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Masyarakat tidak dapat menyerap bahan evaluasi dari sebuah peristiwa di masa lampau untuk dikembangkan di masa depan, karena sebagian masyarakat tidak mengetahui peristiwa sebenarnya, masyarakat tidak mengetahui arti positif dan negatifnya sebuah peristiwa masa lampau, masyarakat hanya mengetahui bahwa kehidupan masa lampau di penuhi dengan peristiwa – peristiwa yang tidak dapat dijelaskan dengan akal manusia, dan masyarakat hanya mengetahui bahwa cerita – cerita fiksi menariklah yang bisa didengar, selebihnya masyarakat tidak tahu bahwa banyaknya hikmah yang dapat diambil dari peristiwa sejarah.
Hanya sebagai perkiraan, kalau masyarakat malah tertarik dengan hal - hal yang tidak mengandung sumber ilmu pengetahuan, sedangkan ilmu sejarah tidak dimasukan secara tegas ke tengah – tengah sistem pengetahuan masyarakat, mungkin saja itulah hal yang menjadi faktor kenapa masyarakat selalu bosan jika mempelajari tentang sejarah sebuah peristiwa. Karena masyarakat telah dibiasakan mendengar kisah - kisah yang menarik dan diwarnai dengan hal yang tidak logis yang memang sekilas terdengar menarik. Masyarakat Indonesia telah terbiasa mendengar cerita – cerita fiksi yang kurang mengandung ilmu pengetahuan, seperti sinetron, novel, cerita remaja, serta cerita yang penuh dengan dramatisasi dimana pengarang sengaja membuat cerita tersebut semenarik mungkin.
Kalau misalnya masyarakat memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari sejarah, kemudian menelitinya lebih lanjut, maka sebuah peristiwa sejarah akan memberikan penelitinya berbagai sumber ilmu pengetahuan, karena sebuah sejarah selalu membahas peristiwa penting seperti peristiwa yang menyangkut kebudayaan manusia ( antropologi ), ilmu yang membahas sosial dan kemasyarakatan ( politik ), ilmu yang berkaitan dengan filsafat ( keyakinan dan agama ), serta mempelajari peristiwa – peristiwa yang dapat membawa pengaruh besar di dunia. Dari sanalah masyarakat dapat mengambil bahan evaluasi kehidupan, hikmah, pelajaran bagi kemasyarakatan di masa datang. Bahkan bagi orang yang memang sangat menyukai penelitian dan investigasi sebuah peristiwa sejarah yang belum terpecahkan,  ilmu sejarah akan terasa menarik, karena ilmu sejarah memiliki metode dalam mengkaji sebuah peristiwa, agar peneliti tersebut memiliki jalan dalam meneliti sebuah peristiwa sejarah. ada beberapa metode dalam pengkajian setiap peristiwa, yaitu metode heuristik ( mencari dan menemukan sumber ), kritik sumber ( meneliti ulang data yang didapat ),dan interpretasi data sampai dengan penulisan hasil penelitian ( historiografi ). Dari metode itulah, rekontruksi sejarah dapat menghasilkan tulisan sejarah yang bersifat ilmiah.
Telah semestinya, sebagai pengabdian terhadap tanah air Indonesia mempelajari ilmu sejarah juga adalah salah satu bentuk pengabdian. Selain dapat mengetahui apa itu sejarah secara luas, masyarakat juga dapat mengambil pengetahuan dari ilmu sejarah yang dapat dijadikan pembangun bangsa. Mulai dari segi budaya, ekonomi, sosial, sampai segi politik, karena bangsa Indonesia pada zaman dahulu adalah bangsa yang memiliki kekayaan budaya. Kekayaan budaya itulah yang patut dicontoh dan dijadikan sumber inspirasi di zaman modern ini. Masyarakat dapat menilai bagaimana kehidupan bangsa Indonesia pada zaman dahulu, kemudian membedakan positif dan negatifnya, sehingga dapat menerapkan apa yang terbaik untuk bangsa di masa depan.
Setiap saat yang akan datang adalah sebuah pilihan, sedangkan kenangan yang terlewati adalah pelajaran, setelah kita belajar dari masa lampau maka saat ini kita harus memilih, memilih jalan yang terbaik. Meski kita takan pernah mengetahui hal di ujung depan sana, tapi setidaknya kita telah belajar di ujung belakang. Pelajaran itulah yang harus kita amalkan di masa depan.